Saturday, October 27, 2012

Sarang Burung Walet + Lovely Lue's Giveaway [Part 2]


Hi girls!
Jadi kali ini aku mau ngelanjutin post ku tentang giveaway nya ce Lulu untuk memperingati hari ultahnya tanggal 31 Oktober ntar. Bakal ada 3 pemenang dan hadiahnya heboh2 semua lho! Jadi aku milih dua hadiah, UD NAKED Palette (kalian bisa baca post ku DISINI) dan kali ini aku bakal ngepost tentang sarang burung walet, barangkali aja aku menang salah satu dari dua itu wkwk XD *amin*~


Jadi untuk hadiah ini, pemenangnya gak hanya dapet sarang burung waletnya aja, tapi juga bakal ndapetin sebuah teddy bear dari Teddy House juga lho~


--------------------

Kenapa kamu follow blog Lovely Lue?

 Jawabannya sama kayak di postku yg pertama. Bisa dibaca DISINI :)


Kenapa kamu memilih hadiah ini?

Tentu aja setelah baca2 post nya ce Lulu tentang sarang walet dengan sejuta manfaatnya disini, siapa sih yang gak tertarik? Nih liat aja hasil wajahnya ce Lulu setelah mengkonsumsi sarang walet bertahun2~



Dia minum sarang waletnya seminggu 3 kali, info selengkapnya bisa kalian baca sendiri postnya DISINI ya..
Kulitnya ce Lulu juga gak pernah bermasalah, jerawatpun sampe males tumbuh di wajahnya, kalopun ada jerawat juga jarang2 dan itupun jerawat2 kecil, uhhh envy banget >_< Tentu aja, aku pengeeeeen banget bisa nyobain dan membuktikan sendiri juga! Sebenernya sih dulu waktu aku masih kecil, keluargaku juga sering beli tapi dulu aku gak suka dan gak mau minum *maklum, waktu itu aku masih belum tau apa2 ttg manfaatnya* tapi sekarang pas aku udah tertarik banget, keluargaku udah gak pernah beli lagi, mungkin karena harganya yang tiap tahun semakin melambung kali yaa, dan kalopun aku pengen beli sendiri pake uangku, tentu aja aku gak sanggup buat beli *maklum masih anak SMA hehe*


Apa aja yang aku tau soal Sarang Walet ini?


Jadi sejarah kepopuleran sarang walet awalnya dateng dari masyarakat Cina kuno. Dulu, para kaisar di Cina manfaatin sarang walet sebagai bahan makanan dan biasanya dimasak dalam bentuk sup dan 'konon katanyaaaa' *ala lagu mbah dukun*,  sup sarang walet ini dipercaya bakal membuat seseorang yang mengkonsumsinya berumur panjang.
Dan aku yakin banget kalo kita semua pasti udah tau kalo harga sarang burung walet itu sama sekali gak terjangkau alias MAHAAAL, terus apa sih yg bikin tuh sarang walet jadi mahal? Awalnya aku juga gak ngeh dan penasaran banget, padahal itu kan cuma air liurnya burung, tapi kok bisa mahal gitu ya, sedangkan air liurku kayaknya juga gak bakal ada yang mau beli, bahkan dikasih gratisan ke orang2 pun kayaknya juga gak bakal ada yang mau tuh haha. Nah pemirsa, ini saatnya aku akan mendongeng tentang asal-usul si sarang walet ini~ *abis googling sih sebenernya wkwk :P*
Jadi, burung walet itu bisa dibilang burung yg cukup sensitif dan pilih2, soalnya mereka ga bakalan membuat sarangnya di sembarangan tempat, biasanya mereka nyari tempat yang remang2 (minim cahaya). Dulu.. biasanya mereka suka membuat sarangnya di gunung2 (puncak / gua / ujung tebing) dan alhasil para pendaki gunung yg udah pro bakal mepertaruhkan nyawa mereka buat ngambil sarang2nya itu, mangkanya harga sarang walet sangat mahal mengingat jerih payah para pendaki itu, tapi sekarang.. udah banyak juga kok orang2 yang membudidayakan sarang walet dirumah2 yg dibangun khusus untuk si burung walet ini. Tapi lamanya si burung walet membuat sarangnya ini sendiri juga gak bisa dibilang bentar lho, bayangin aja  mereka butuh waktu sekitar 33 - 41 hari, bahkan kalo lagi musim kemarau bisa sampe 80-harian lho! Gak salah kalo harganya selangit, soalnya repot dan gak mudah untuk didapetin sih~
Hebatnya sarang walet juga merupakan sumber asam amino yg lengkap dan berdasarkan penelitian, asam amino itu dapat menjadi nutrisi pelawan stroke dan kanker! Dan juga mengandung 6 mineral dan protein lho.
Sarang walet biasanya mudah didapetin di pasar / toko obat Cina. Biasanya dijual dalam bentuk kemasan / kiloan. Kalo di restoran biasanya disajiin dalam bentuk sup / manisan sebagai makanan penutup.

Manfaat sarang walet utk kesehatan:

1. Zat collagen yang dikandung sarang burung wallet dapat memperlancar pembuluh darah, meningkatkan nafsu makan serta memperbaiki saluran pencernaan.
2. Sarang burung wallet dapat mengurangi dahak dan menyembuhkan batuk. Ini juga merupakan nutrisi bagi paru-paru dan menguatkan saluran pernapasan.
3. Meng-konsumsi sarang burung wallet dalam masa kehamilan dapat mengurangi rasa sakit pada punggung, memperkuat paru-paru bayi yang dikandung. Juga dapat mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan.
4. Untuk wanita, konsumsi secara teratur dapat meningkatkan daya metabolisme, memperbaiki kulit serta menghambat proses penuaan.
5. Untuk orang tua, konsumsi secara teratur dapat menguatkan urat dan tulang, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
6. Untuk anak-anak, sarang burung wallet dapat memperbesar daya serap nutrisi yang ada pada setiap makanan, dan memperkuat paru-paru anak.
7. Merupakan makanan sehat bagi para perokok, serta mengurangi effect yang ditimbulkan dari nicotin.
Dll.

Manfaat sarang walet utk kecantikan:
1. Mencegah kekeringan dalam tubuh sehingga membantu menjaga kulit tetap awet muda, bebas keriput, sekaligus tetap mulus.
2. Menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan menjaga kecantikan abadi
3. Membantu mengurangi masalah2 pada wajah seperti jerawat.
Dll.

Tuh kan, manfaatnya banyak banget kan? Daripada mengkonsumsi obat2an kimia yang pastinya ada dampak negatifnya, mendingan mengkonsumsi sarang walet yang alami dan aman dikonsumsi mulai dari anak2 hingga orang tua~ Oya, sekarang sarang walet juga udah dijual dalam bentuk kapsul, minuman instan, dan bahkan krim wajah, dll lho, tapi lebih baik langsung mengkonsumsi sarang walet aslinya kan? :)

Dan kita juga harus lebih waspada, mengingat harganya yang begitu tinggi, sekarang peluang itu juga dimanfaatkan oleh oknum2 yg gak bertanggung jawab juga lho. Soalnya sekarang udah banyak beredar sarang walet yang mengandung bahan kimia (pemutih) biar keliatan bersih + bagus!! Ya ampun, manfaat2 segitu banyaknya yang udah aku tulis diatas ga bakal ngaruh ke kita lho, yang ada malah berbahaya buat tubuh kita! Jadi nih aku share sedikit tips untuk mbedain mana sarang walet asli dan palsu~
1. Sarang walet asli pasti memiliki serat yang bentuknya gak beraturan, kalo bentuk seratnya tampak ada pola / berbentuk, berarti itu sarang walet palsu.
2. Sarang walet alami pasti baunya amis2 kayak bau ikan, tapi kalo baunya aneh / menyengat dan sama sekali gak ada bau amis, itu artinya kalo itu adalah sarang walet yang udah kena bahan kimia.
Jadi kalo kalian mau beli, tetep harus waspada ya, hindari sarang walet yang warnanya terlalu putih! Bahkan aku denger2, sekarang juga ada lho sarang walet yang patah2 direkatin lagi pake putih telur (soalnya serpihan2 sarang walet itu harganya jauh lebih murah daripada sarang walet yang masih berbentuk mangkok) . Dan untuk menambah berat sarang walet, malah ada juga lho orang yang nambahin rumput laut kedalamnya. Tentu aja itu udah gak alami lagi! Jadi, lebih baik beli di penjual yg udah terpercaya ya, kalo kalian minat, kalian bisa juga lho hubungi ce Lulu, untuk info selanjutnya tinggal PM aja dia di FACEBOOKnya, dia ternak dan proses sendiri di Kalimantan lho~ :D


Sources:


Thanks for reading girls, semoga bermanfaat! ^^
See ya~ 


4 comments:

  1. I have been waiting for someone to share this post. This has actually made me think and I hope to read more. Thanks a lot for sharing with us.
    autotronicseldh.com |

    ReplyDelete
  2. Thank you so much! Really rich content and very useful information. I found my problem’s solution starting over here.
    gtscomputers.org |

    ReplyDelete
  3. I HOPE YOU SHARE THE OTHERS INFORMATION AGAIN

    ReplyDelete