Sunday, December 17, 2017

Review: Odessa Matte Lipstick (All Shades!)


Hi guys! Gimana kabarnya? Nggak terasa udah pertengahan bulan Desember aja nih, which means udah hampir musim liburan yay! Nah sesuai judul post diatas, kali ini aku mau share review salah satu matte lipstick merek lokal dari Odessa Cosmetics. Sebagai pecinta lippies, tentunya aku excited banget buat nyobain produk ini. Jadi kalau kalian penasaran, baca terus post ini sampai habis ya! :)


Bagi kalian yang mungkin belum tau, sebenernya Odessa Cosmetics ini merupakan brand lokal yang saudaraan dengan brand Eternally Beauty dan sudah ada sejak tahun 1990 lho! Dan di sekitar awal tahun 2017 ini, Odessa nge-launch produk baru mereka, salah satunya yaitu matte lipstick ini yang tersedia dalam 12 pilihan warna berbeda. Produk ini di klaim sebagai lipstik yang tahan lama, terasa ringan di bibir dengan nuansa warna matte yang mencerahkan, serta melembabkan sekaligus menutrisi bibir dengan vitamin E.

Nett :
2 gr

Harga :
IDR. 39.000,-

Ingredients :
Cyclopentasiloxane, Trimethylsiloxysilicate, Caprylyl Methicone, Beeswax, Euphorbia Cerifera Wax, Octyldodecanol, Cyclomethicone,  Dimenthicone, Ozokerite, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Silica, Ethylhexyl Palmitate, Octyldodecyll Stearoyl Stearate, Polymethylmethacrylate, Methicone, Alumunium Starch Octenylsuccinate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Fragance, Propylparaben, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, BHT. May contains: CI 77891, CI 15850, CI 77491, CI 774491, CI 77499, CI 19140, CI 47005, CI 77019, CI 45380, CI 15985, CI 12085, CI 42090, CI 77007, CI 45430, CI 16255, CI 42051, CI 77266, CI 12490, CI 74160, CI 15880, Carmine, Mica, Diiron Trioxide.
Lipstick ini dikemas dengan packaging plastik berwarna hitam. Ukurannya sendiri sangat kecil, ramping dan ringan, karena berat bersihnya hanya 2gr. Sedangkan di bagian bawah tube terdapat sticker yang masing-masing berisikan keterangan nomor dan nama shade nya. Menurutku sih lumayan susah buat mengenali masing-masing warna shadenya, karena packaging nya mirip dan aku masih belum hapal nomor ataupun nama shade nya, jadi biasanya aku harus buka-tutup dulu untuk ngeliat warna didalamnya. Oh iya, untuk info-info penting seperti tanggal kadaluarsa dll sayangnya hanya terdapat di bagian box nya aja, jadi kalau bisa box nya jangan dibuang ya.

Lipstick ini memiliki aroma manis seperti vanilla yang lembut dan sama sekali nggak mengganggu. Meskipun ini matte lipstick, tapi teksturnya lumayan creamy, nggak seret dan sangat mudah diaplikasikan pada bibir. Hampir semua warnanya juga sangat pigmented, meskipun masih ada beberapa shade yang membutuhkan beberapa kali swipe agar dapat mengcover seluruh bibir dengan baik.

Hasil akhir dari lipstick ini setelah nge-set bukan dead matte, jadi nggak bikin bibir terlalu kering dan nggak terlalu menonjolkan garis-garis pada bibir. Menurutku lipstick ini terasa cukup ringan di bibir dan nyaman digunakan meski dalam waktu lama. Untuk daya tahan nya sendiri, lipstick ini stay kurang lebih sekitar 4 jam di bibir aku yang lumayan kering ini. Jika digunakan untuk makan berat, biasanya hanya warna pada bagian dalam bibir yang memudar. Selain itu, transfernya juga nggak terlalu banyak dan lipstick ini gampang banget dibersihkan dengan lip makeup remover.

Yuk mari langsung kita lihat hasil swatches nya!


#701 - Valentine merupakan warna merah dengan hint warna orange yang lumayan kuat. Warnanya sangat pigmented dengan coverage yang oke meskipun hanya dengan sekali swipe. This is one of my favorite shades, karena bikin wajah terlihat jadi lebih segar dan cerah!



#702 - Love merupakan warna merah dengan sedikit hint warna biru, cocok buat kalian yang memiliki cool undertone. Bagi kalian yang belum terbiasa pake lipstik warna merah, kalian bisa cobain shade ini karena warna merahnya nggak terlalu nge-jreng. Psst.. warna ini juga bikin gigi kalian terlihat lebih putih lho hehe.



#703 - Red Wood merupakan warna nude dengan sedikit hint warna peach. Warnanya sangat natural dan wearable untuk sehari-hari. Tapi hati-hati, shade ini mungkin nggak terlalu cocok jika digunakan pada orang yang memiliki kulit sawo matang, karena hasil warnanya terlihat cenderung terlalu pucat.



#704 - Burgundy merupakan perpaduan warna merah keunguan yang sangat bold. Sebenarnya warna lipstick ini menurutku cakep banget; it gives a mysterious, sexy vibe.. tapi sayangnya cara pengaplikasian untuk shade ini agak tricky, soalnya bikin bibir jadi keliatan patchy dan nggak rata gitu.



#705 - French Kiss merupakan warna merah terang dengan sedikit hint warna pink. Shade merah yang ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki neutral undertone.



#706 - Sweetheart merupakan warna coral terang, kesannya cute and sweet gitu. Tapi pigmentasi dari shade ini sayangnya kurang oke dan bikin bibir keliatan patchy juga. Selain itu, warna ini menurutku lebih cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit terang saja.



#707 - Cordovan merupakan warna nude dengan campuran hint warna orange dan coklat. Warnanya sangat cantik dan natural untuk makeup sehari-hari. Menurutku shade nude yang ini juga cocok digunakan pada orang yang memiliki warna kulit sawo matang sekalipun.



#708 - Elegance merupakan perpaduan warna merah keunguan yang hampir mirip dengan #704 - Burgundy, hanya saja shade ini warnanya lebih soft dan wearable. Warna merah dan ungunya sangat pas, sehingga cocok digunakan oleh semua warna kulit.



#709 - Sunshine merupakan warna pure orange yang cakep dan summery banget. Tapi warna orange yang seperti ini memang agak tricky, karena kulit malah bisa terlihat kusam jika digunakan pada beberapa warna kulit tertentu.



#710 - Forever merupakan warna pink dengan sedikit hint warna coral. Warna ini bener-bener keliatan feminin banget dan nggak terlalu nge-jreng. Menurutku ini termasuk salah satu warna aman yang bisa digunakan oleh semua warna kulit.



#711 - Party Pop merupakan warna pink fuschia terang dengan hint warna ungu. Sejujurnya aku nggak terlalu pede pake lipstick warna neon yang lumayan nge-jreng kayak gini, but it's certainly a fun and eye-catching color.



#712 - Nude merupakan warna nude yang lebih cenderung ke warna coklat. This is one of my other favorite shades. Warnanya menurutku cakep dan natural banget; like my lips but better, nggak terlihat pucat dan cocok untuk semua warna kulit.



Overall.. sejujurnya aku lumayan amazed sama matte lipstick dari Odessa ini, nggak nyangka banget dengan harganya yang super duper terjangkau (hanya IDR. 39,000!) kualitasnya ternyata oke juga. Variasi ke-12 shade nya juga cukup beragam; mulai dari warna nude hingga warna bold semua ada, dan menurutku semua warnanya cocok dengan skintone perempuan Indonesia.

Kalau tertarik untuk mencoba juga, kalian bisa membeli matte lipstick ini di seluruh counter Eternally Beauty yang bisa ditemui di Department Store terdekat di kota kalian (untuk info lebih lengkap, click: where to find Eternally Beauty).

----

 Thank you Surabaya Beauty Blogger, Eternally Beauty, and Odessa Cosmetics for sending me these lipsticks!

----

Makasih ya guys udah baca post ini sampai selesai, semoga review ini dapat bermanfaat bagi kalian semua :)

Have a lovely day!


See ya~ 



4 comments: